2 Bayi Gizi Buruk Meninggal, Murad: Masa Gubernur Juga yang Disalahin, Lalu Bupati-bupati Ngapain?

“Kalau semua orang meninggal gizi buruk, masa Gubernur juga yang disalahin. Lalu bupati-bupati itu ngapain,” ujar Murad Ismail.

2 Bayi Gizi Buruk Meninggal, Murad: Masa Gubernur Juga yang Disalahin, Lalu Bupati-bupati Ngapain?
Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
“Kalau semua orang meninggal gizi buruk, masa Gubernur juga yang disalahin. Lalu bupati-bupati itu ngapain,” ujar Murad Ismail. 

TRIBUNAMBON.COM - Gubernur Maluku Murad Ismail angkat bicara soal kasus gizi buruk yang menyebabkan dua bayi meninggal dunia di provinsi tersebut.

Menurut Murad, kasus tersebut merupakan tanggung jawab bupati sehingga masyarakatnya terserang gizi buruk.

“Kalau semua orang meninggal gizi buruk, masa Gubernur juga yang disalahin. Lalu bupati-bupati itu ngapain,” kata Murad kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Selasa (4/2/2020).

Bukan Pertanda Tsunami, Murad Ismail Sebut Ribuan Ikan Terdampar sebab Letusan Gunung Api Bawah Laut

Pada Bambang Brodjonegoro, Murad Ismail: Bu Susi Hanya Omong Saja, Tidak Pernah Ada Sesuatu

Murad menyebutkan, gubernur bertugas untuk menjamin stabilitas dan menjaga dinamika pembangunan di 11 kabupaten/kota di Maluku.

Oleh karena itu, menurut dia, salah alamat jika gubernur disalahkan saat ada warga yang meninggal dunia karena kasus gizi buruk.

"Jangan kamu salahkan saya, orang mati di Maluku Tengah, orang mati mana, kamu tanya saya. Tanya bupatinya dong," ujarnya.

Dia mengungkapkan, persoalan gizi buruk di Maluku terjadi karena masyarakat lebih memilih memberikan anaknya mi instan ketimbang ikan.

"Gizi buruk kemarin, istri saya bicara di depan Menteri Kesehatan, sebagai Duta Stunting dan bagaimana enggak gizi buruk, orang Ambon yang daerah jauh-jauh, itu mereka nelayan. Kalau makan ikan saja itu sudah sehat, Bos," katanya.

"Saya punya istri datang ke tempat-tempat stunting itu, mereka tangkap ikan jual lalu beli mi instan, mereka lebih suka makan mi instan. Bagaimana gizinya enggak buruk. Padahal di sana, sayur apa segala macam ada," ungkapnya kemudian.

Tak Mau Kalah dari Papua, Gubernur Murad Ismail Ajukan Beberapa Permintaan pada Pemerintah Pusat

Akui Pernyataan Perang Hanya Main-main, Murad Ismail: Kita Orang Maluku Tidak Benci Ibu Susi

Murad menambahkan kebiasaan memberikan mi instan kepada anak-anak harus dapat dirubah oleh setiap orangtua sebab kondisi itu hanya akan memperburuk gizi anak.

Halaman
123
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved