Dampak Gempa Ambon, 94 Rumah Rusak, 2 Warga Meninggal

94 rumah warga di Kota Ambon mengalami kerusakan setelah gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Kota Ambon, Selasa 12 November

Dampak Gempa Ambon, 94 Rumah Rusak, 2 Warga Meninggal
Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
Sejumlah bangunan kantor pemerintahan di kawasan Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, rusak parah akibat gempa 5,2 magnitudo yang mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Kamis (10/10/2019). 

TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 94 rumah warga di Kota Ambon mengalami kerusakan setelah gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Kota Ambon, Selasa (12/11/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Demy Paays mengatakan jumlah kerusakan rumah warga akibat gempa magnitudo 5,1 itu telah terverifikasi setelah petugas melakukan pendataan di semua kecamatan yang terdampak gempa.

Perbedaan Gempa Maluku, Gempa Bali, dan Gempa Ambon, Termasuk Sesar Aktif Baru yang Belum Dipetakan

"Setelah diverifikasi, gempa magnitudo 5,1 yang terjadi di Ambon itu telah merusak 94 rumah warga,"kata Demy kepada Kompas.com, Senin (18/11/2019).

"Kerusakan rumah-rumah warga ini tersebar di beberapa kecamatan, dan yang paling banyak itu tersebar di Kecamatan Baguala, Teluk Ambon dan Sirimau,"kata Demy.

Terkait dampak kerusakan rumah-rumah warga itu, pihaknya telah melaporkannya kepada Wali Kota Ambon dan juga BPBD Provinsi Maluku untuk dilakukan penanganan."Sudah dilaporkan dan langkah penanganan kepada para korban juga sedang dilakukan, kalau untuk dampak gempa magnitiudo 4,5 (Sabtu, 16 November 2011) kemarin masih didata," ujarnya.

Selain di Kota Ambon, gempa magnitudo 5,1 tersebut juga merusak sebanyak 55 rumah warga di Kabupaten Maluku Tengah.

Fakta Lain Lempar Sperma di Tasikmalaya, Pelaku Teror Sperma Nekat Berkata Ini ke Korban

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, gempa bermagnitudo 5,1 yang mengguncang Ambon pada Selasa (12/11/2019) pukul 19.10 WIT menyebabkan sejumlah bangunan di Kota Ambon mengalami kerusakan. 

Gempa yang sangat dirasakan kuat getarannya tersebut juga menyebabkan dua warga meninggal dunia karena terkena serangan jantung. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,1 Rusak 94 Rumah Warga di Ambon"
Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved