Presiden Berkunjung, Pengungsi Gempa Ambon: Semoga Jokowi Merasakan Apa yang Selama Ini Kami Alami

Presiden Jokowi hendak berkunjung ke Ambon, pengungsi gempa berharap Jokowi bisa lihat langsung kondisi mereka dan merasakan apa yang mereka alami.

Presiden Berkunjung, Pengungsi Gempa Ambon: Semoga Jokowi Merasakan Apa yang Selama Ini Kami Alami
Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
Presiden Jokowi hendak berkunjung ke Ambon, pengungsi gempa berharap Jokowi bisa lihat langsung kondisi mereka dan merasakan apa yang mereka alami. 

TRIBUNAMBON.COM - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan akan berkunjung ke Maluku, Senin (28/10/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi bersama rombongan dijadwalkan akan mengunjungi lokasi pengungsian di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Jokowi juga akan melakukan pertemuan terbatas dengan para pimpinan Latupati (tokoh adat) dan tokoh masyarakat dari perwakilan tiga daerah terdampak gempa, yakni Kota Ambon, Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat.

Belasan Mahasiswa Universitas Pattimura Tolak Kedatangan Jokowi ke Ambon, Massa Dibubarkan Paksa

Keluarga Mengamuk, Pengantin Wanita Justru Berderai Air Mata

Selanjutnya Jokowi akan meninjau rumah sakit darurat dr Ishak Umarela yang ada di lokasi pengungsian di desa itu.

Terkait kunjungan Jokowi tersebut, sejumlah pengungsi berharap agar kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu akan membawa perubahan berarti bagi kondisi para pengungsi di wilayah tersebut.

“Harapan kami, Bapak Presiden bisa lihat langsung kondisi kami di sini dan bisa merasakan apa yang selama ini kami alami,” kata Levi Nahumarury, salah satu pengungsi kepada Kompas.com, Senin.

Levi mengatakan, meski kedatangan Jokowi ke Maluku baru dilakukan setelah sebulan gempa berlalu, tapi kiranya Presiden dapat segera mengambil langkah untuk perbaikan kondisi para pengungsi, tidak hanya di Tulehu namun juga di wilayah Maluku.

Jokowi Diperkirakan Mendarat di Ambon Malam Ini, Berikut Agenda Kerja Presiden

“Semoga lewat kedatangan bapak Presiden yang agak terlambat ini, pemerintah bisa segera membangun rumah-rumah yang rusak akibat gempa tidak hanya di Tulehu tapi juga di Kairatu, Liang, Waai, Ambon dan beberapa daerah lainnya,” harap Levi.

Pengungsi lain, Saiful berharap kedatangan Presiden Jokowi di lokasi pengungsian Desa Tulehu mampu mengangkat moral para pengungsi dari suasana trauma yang selama ini mereka alamai.

Saiful mengaku kedatangan Presiden akan sangat berarti bagi pengungsi, sebab hal itu membuktikan adanya kehadiran dan keberpihakan negara kepada warga yang terdampak bencana gempa.

Halaman
12
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved