Ikan Bertuliskan 'Ambon' dan Air Sumur Mendidih, LIPI Minta Kedua Peristiwa Itu Tak Dikaitkan Mistis

LIPI mengimbau warga di Maluku agar tidak menghubungkan penemuan ikan bertuliskan ‘ Ambon’ dan air sumur mendidih dengan hal berbau mistis.

Ikan Bertuliskan 'Ambon' dan Air Sumur Mendidih, LIPI Minta Kedua Peristiwa Itu Tak Dikaitkan Mistis
kolase Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
LIPI mengimbau warga di Maluku agar tidak menghubungkan penemuan ikan bertuliskan ‘ Ambon’ dan air sumur mendidih dengan hal berbau mistis. 

TRIBUNAMBON.COM - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) mengimbau warga di Maluku agar tidak menghubung-hubungkan penemuan ikan bertuliskan kata ‘ Ambon’ yang menggegerkan warga di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Barat, dan kejadian air sumur yang tiba-tiba mendidih di Desa Passo, Kota Ambon, dengan hal berbau mistis.

Kepala LIPI Ambon, Nugroho Dwi Hananto mengatakan, dua kejadian itu adalah kejadian yang biasa saja sehingga warga tidak perlu menghubungkannya dengan hal-hal berbau mistis.

“Itu sebenarnya enggak ada masalah, enggak ada apa-apa. Jangan sampai mengaitkannya dengan hal-hal mistis, itu justru membuat panik masyarakat, jadi jangan, jangan,” kata Nugroho, saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Pengungsi Gempa Ambon Penderita Kanker Payudara Akhirnya Mau Dirawat di RS Bhayangkara Polda Maluku

Heboh Penemuan Ikan Bertuliskan Ambon dan Maluku, Ada Kata-kata Lain yang Sulit Dimengerti

ikan bertuliskan ambon
ikan bertuliskan ambon (kompas.com Rahmat Rahman Patty)

Nugroho mengatakan, terkait penemuan ikan bertuliskan kata ‘Ambon’ di Kabupaten Seram Bagian Barat dan juga munculnya air mendidih di Desa Passo, tidak ada hubungannya dengan pertanda akan terjadi gempa, sehingga dia meminta warga agar tetap tenang dan tidak panik.

“Itu tidak ada kaitannya dengan gempa, kalau ikan itu ya mungkin karena ada koran yang menempel dan untuk sumur yang bergolak itu sebelum gempa juga orang di situ bilang sudah pernah terjadi seperti itu,” ungkap dia.

Kronologi Warga Geger Sampai Mengungsi ke Gunung, Air Sumur Mendidih di Ambon

Terkait kejadian air sumur yang mendidih di Desa Passo, pihaknya telah mendatangi lokasi sumur tersebut dan rencananya LIPI akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait kejadian yang menghebohkan warga tersebut.

Menurut Nugroho, terkait air sumur yang mendidih itu kemungkinan ada terjadi keretakan tanah yang kecil di bawah sumur sehingga saat gempa susulan terjadi, maka tekanan angin naik ke atas dan menyebabkan air bergolak di sumur itu.

“Tadi kami langsung ke lapangan, yang jelas kami akan teliti itu, jadi tidak ada masalah ya, warga juga jangan sampai panik,” kata dia.

Tersangka Pembobolan Dana Nasabah BNI Ambon Hidup Glamor, Pimpinan Ungkap Fakta Baru

Sebelumnya diberitakan, kejadian penemuan ikan bertuliskan kata ‘Ambon’ di Seram Bagian Barat dan munculnya air mendidih di sumur warga di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon pada Senin (21/10/2019), membuat warga di dua wilayah itu panik.

Warga yang panik kemudian menghubungkan dua kejadian terebut dengan bencana alam yang akan terjadi. 

(Kompas.com Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LIPI Minta Penemuan Ikan dan Air Sumur yang Mendidih Tidak Dikaitkan dengan Mistis".

Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved