Maluku Resmi Jadi Tuan Rumah Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2020, Bukti Keunggulan Atasi Bencana

Provijnsi Maluku resmi menjadi tuan rumah Pengurangan Risiko Bencana 2020, hal tersebut menjadi bukti Maluku unnggul dan unggul atasi bencana

Maluku Resmi Jadi Tuan Rumah Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2020, Bukti Keunggulan Atasi Bencana
Ambon.go.id
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menerima pataka dari Kepala BNPB Letjen Donny Monardo 

TRIBUNAMBON.COM - Provinsi Maluku resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2020 mendatang.

Demikian berdasarkan keputusan yang diambil dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang berlangsung sejak tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Bulan PRB merupakan salah upaya Pemerintah Pusat dengan melibatkan Pemerintah Daerah dalam upaya mengkampanyekan budaya pengurangan resiko bencana.

Larangan Keras Unggah Video dan Foto Korban Meninggal Gempa Ambon

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mewakili Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam kesempatan itu menerima pataka yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letjen Donny Monardo.

“Kehadiran saya dalam forum ini adalah untuk mewakili Bapak Gubernur Maluku," katanya dikutip TribunAmbon.com dari Ambon,go.id.

"Saya bersyukur kenapa Maluku yang baru saja dilanda gempa, kini sudah dipercayakan sebagai tuan rumah bulan penanggulangan bencana pada tahun 2020 mendatang."

"Hal ini membuktikan, dimata BNPB RI Maluku memiliki kemampuan dan keunggulan dalam mengatasi bencana gempa bumi,” jelasnya.

Wali Kota Ambon Richard menerima pataka dari Kepala BNPB Letjen Donny Monardo
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menerima pataka dari Kepala BNPB Letjen Donny Monardo (Ambon.go.id)

Ditempat yang sama, Kepala BNPB RI, Letkol Donny Monardo menjelaskan, Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah Bulan PRB tahun 2020 berdasarkan penilaian dan pengamatan terhadap bagaimana pihak Pemerintah dan Masyarakat mampu mengkampanyekan pengurangan resiko bencana.

Ditambahkan, pelaksanaan Bulan PRB sangatlah penting dilakukan karena dapat menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman baik Pemerintah, Masyarakat serta Stakeholders terhadap seluruh aktivitas PRB dalam upaya investasi untuk ketangguhan.

“Secara Nasional Bulan PRB sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 di beberapa Provinsi diantaranya Kota Mataram-NTB, Kota Bengkulu, Kota Surakarta – Jawa Tengah, Kota Manado Sulawesi Utara, Sorong – Papua Barat, Medan – Sumatera Utara, dan tahun depan alan dilaksanakan di Kota AmbonMaluku,” kata Kepala BNPB RI. 

Halaman
123
Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved