Gempa Hari Ini: BMKG Catat Gempa 6.4 SR Guncang Wilayah Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

BMKG catat Gempa tektonik bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Minggu (22/9/2019).

Gempa Hari Ini: BMKG Catat Gempa 6.4 SR Guncang Wilayah Maluku, Tak Berpotensi Tsunami
Grafis/Rahmandito Dwiatno
BMKG catat Gempa tektonik bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Minggu (22/9/2019). 

TRIBUNAMBON.COM - Gempa tektonik bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Minggu (22/9/2019).

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa yang terjadi pada pukul 04.53 WIT itu berlokasi di 6.66 Lintang Selatan dan 130.6 Bujur Timur atau berjarak 135 km barat laut Larat, Kepulauan Tanimbar dan 159 km timur laut Tepa, Maluku Barat Daya.

Adapun gempa tersebut berada pada kedalaman 11 km di bawah laut.

Gempa Hari Ini: BMKG Catat Gempa 5.6 dan 6.0 SR Guncang Tuban Jawa Timur, Tak Berpotensi Tsunami

Hingga siang ini, belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan dari adanya gempa tersebut. Namun BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sejumlah warga Saumlaki yang dihubungi dari Ambon mengaku sempat merasakan gempa cukup kuat di wilayah itu, namun mereka belum mengatahui dampak kerusakan dari gempa tersebut.

“Gempa sangat kuat, kebetulan saat gempa kita sedang kumpul-kumpul keluarga jadi saya ikut merasakan,  tapi hanya beberapa detik saja,” kata Adolof Luturmas saat dihubungi, Minggu.

Dia mengaku saat gempa terjadi, tidak banyak warga yang panik karena masih banyak yang masih tertidur. ”Memang ada yang bangun tapi sedikit saja,” ujarnya.

Gempa Hari Ini: BMKG Maluku Catat Gempa 4.5 SR Guncang Ambon, Tak Berpotensi Tsunami

Data dari BMKG menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). 

Gempa bumi dapat terjadi di mana dan kapan saja, maka dari itu kita harus selalu waspada dan antisipasi.

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved