Buntut Insiden Upacara HUT Kemerdekaan RI di Alamatu SBT Maluku Tanpa Seragam, Ini Hasil Rapatnya

Ini hasil rapat membahas insiden upacara pengibaran Bendera Merah Putih tanpa seragam di Kecamatan Alamatu. SBT, Maluku

Buntut Insiden Upacara HUT Kemerdekaan RI di Alamatu SBT Maluku Tanpa Seragam, Ini Hasil Rapatnya
Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
Paskibra menangis 

TRIBUNAMBON.COM - Camat Amalatu, Adaweya Wakano mengatakan, untuk pelaksanaan HUT RI di tingkat kecamatan baik dari segi pendanaan maupun hal teknis lainnya, seluruhnya akan menjadi tanggung jawab kecamatan.

Hal itu menanggapi insiden upacara pengibaran Bendera Merah Putih tanpa seragam yang berlangsung pada Sabtu (17/8/2019).

"Ke depan itu menjadi tanggung jawab kecamatan,” katanya saat dihubungi dari Ambon, Selasa (20/8/2019).

Adaweya mengatakan, pihaknya juga telah menggelar rapat tiga hari setelah pelaksanaan upacara HUT ke-74 RI di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku.

Rapat digelar bersama sejumlah kepala desa yang ada di wilayah tersebut.

Dalam rapat, ada beberapa usulan dari kepala desa.

Salah satunya agar pada tahun-tahun mendatang lokasi upacara HUT kemerdekaan tingkat kecamatan tidak harus berada di kota kecamatan, tapi dapat dilakukan secara bergilir agar bisa dipusatkan di desa-desa.

“Jadi nanti (desa) rapat lalu penentuan tahun ini di desa ini nanti tahun depan di desa mana lagi. Jadi nanti desa yang menjadi tuan rumah akan menanggulangi biayanya,” ujarnya.

Wakano mengapresiasi usulan itu, namun, usulan itu harus dibahas kembali dalam rapat resmi bersama para kepala desa yang ada di kecamatan.

Sebelumnya diberitakan, isak tangis puluhan anggota pengibar bendera ( Paskibra) mewarnai peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di lapangan upacara Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Sabtu (17/8/2019).

Halaman
12
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved